Benteng Bersejarah yang Dijadikan Tempat Wisata

Perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan dapat dilihat melalui benda-benda peninggalan, salah satunya adalah benteng. Benteng hampir dapat ditemukan di seluruh Nusantara. Melalui benteng ini, kita dapat melihat betapa sengitnya peperangan di masa lalu. Benteng yang dahulunya dijadikan sebagai pertahanan ini masih dapat kita saksikan hingga sekarang. Menjadi benteng pertahanan, benteng bersejarah tersebut kini dijadikan sebagai lokasi wisata. Hal tersebut terjadi lantaran benteng memiliki arsitektur yang unik dan tak biasa.

Wisata Benteng Bersejarah yang Unik dan Menarik

Benteng Bersejarah yang Dijadikan Tempat Wisata

Salah satu benteng yang dijadikan lokasi wisata adalah benteng Marlborough. Bangunan peninggalan bangsa Inggris ini dibangun pada tahun 1713 hingga tahun 1719. Dahulunya, benteng ini merupakan lokasi dimana kolonial Inggris bertugas di Bengkulu. Selama 140 tahun, benteng ini digunakan oleh Ingris sebagai pusat pemerintahan. Meskipun telah berusia sangat tua, benteng ini masih memiliki penampilan yang sama seperti dahulu. Benteng Marlborough juga pernah dijadikan sebagai lokasi pertahanan bangsa Belanda sejak tahun 1825. Keunikan bangunan yang dimiliki oleh benteng ini membuat masyarakat tertarik untuk melakukan wisata di benteng Marlborough.

Benteng Rotterdam menjadi benteng bersejarah lainnya yang memiliki tampilan unik dan menarik sehingga dijadikan tempat wisata oleh pemerintah setempat. Benteng yang berlokasi di Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu peninggalan kerajaan Gowa. Terletak di pesisir pantai, penampilan benteng ini berbeda dengan penampilan benteng pada umumnya. Karena keindahan alam yang ada di sekitar, benteng Rotterdam terlihat sebagai sebuah taman. Karena keindahan alam yang ditawarkan, tak mengherankan jika banyak pihak yang tertarik untuk berwisata di benteng ini.

Wisata unik juga dapat dilakukan di Benteng Belgica. Benteng yang berada di Maluku ini dikenal dengan pemandangannya yang indah. Dahulunya, benteng dibangun untuk berhadapan dengan bangsa Belanda. Gerbang yang kokoh ini memiliki gerbang tinggi dan berliku. Dinding benteng menghadap laut secara langsung. Karena tidak digunakan sebagai pertahanan, benteng kini dijadikan lokasi wisata. Karena terlalu cantiknya penampilan yang dimiliki oleh Benteng Belgica, benteng dikenal dengan sebutan The Indonesian Pentagon.

Keunikan Benteng Pendem Ambarawa tidak perlu diragukan lagi. Bangunan yang menjadi saksi perlawanan bangsa Indonesia ini telah berdiri sejak tahun 1845. Meskipun telah berusia seabad, benteng masih memiliki arsitektur yang asli. Arsitektur masih dipertahankan hingga kini sehingga kita dapat melihat betapa megah dan kokohnya benteng yang berada di Semarang ini. Benteng yang dikenal pula dengan nama Benteng Willem I memiliki sudut bangunan yang menarik sehingga cocok untuk berswafoto.

Surakarta juga memiliki benteng yang unik. Benteng dengan nilai sejarah ini bernama Benteng Vastenburg. Bangunan peninggalan Belanda ini dibangun pada tahun 1745. Sebelum menjadi benteng, bangunan ini dimanfaatkan sebagai pusat garnisum. Setelah Indonesia merdeka, benteng kemudian digunakan oleh TNI sebagai markas. Setelah dipercantik, benteng kemudian menjadi bagian dari cagar budaya sejak tahun 2010 lalu.

Tampilan cantik juga dapat ditemukan pada Benteng Van Der Wijck. Benteng yang dibangun oleh Belanda ini telah berdiri sejak abad ke-18 lalu. Pada saat itu, Belanda menggunakan bangunan ini sebagai tepat penyerangan dan pertahanan. Nama benteng terlihat pada pintu dan diperkirakan menggunakan nama komandan Belanda sebagai nama benteng. Setelah lama berdiri, benteng ini banyak dialihfungsikan. Sebagai lokasi wisata, benteng dilengkapi dengan arena permainan anak.

Benteng Bersejarah yang Dikira Bukan Ada di Indonesia

Benteng Bersejarah

Karena penampilannya yang indah dan menarik, banyak benteng di Indonesia yang dikira berada di luar negeri. Benteng Portugis merupakan benteng yang populer dan dikira terletak di luar negeri. Berdiri sejak tahun 1632, benteng digunakan untuk menghalang serangan musuh. Benteng Portugis kini dijadikan lokasi wisata karena penampilan menarik yang dimilikinya. Ketika pengunjung datang ke benteng ini, mereka akan terkejut dengan keindahan pemandangan yang ada. Indonesia juga dapat berbangga hati akibat keberadaan Benteng Van Den Bosh. Benteng yang dikenal pula dengan nama Benteng Pendem ini memiliki pemandangan yang unik berupa bangunan tua. Di dalam benteng terdapat sebuah makam pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama K.H Muhammad Nursalim.

Benteng bersejarah lainnya yang dikira berada di luar negeri adalah Benteng Fort de Kock. Bangunan peninggalan bangsa Belanda ini memiliki ukuran yang kecil. Benteng dibangun ketika masa Perang Paderi. Karena bangunannya yang nampak unik, Benteng Fort de Kock dijadikan lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Benteng Pendem Cilacap menjadi benteng lainnya yang dikira berlokasi di luar negeri. Benteng yang terletak di kota Cilacap ini dibangun dengan waktu yang lama. Dibutuhkan waktu selama 18 tahun hingga bangunan benteng dapat berdiri. Banyak kabar yang beredar bahwa benteng memiliki terowongan yang terletak di bawah tanah. Terowongan ini digunakan untuk menghubungkan masing-masing ruang yang ada pada benteng.