Gedung Museum Bersejarah di Indonesia yang Mendidik

Agar dapat melihat dan mengenal peninggalan bersejarah, museum merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Melalui tempat ini, kita akan mendapatkan pendidikan dan pengetahuan akan peristiwa sejarah melalui benda peninggalan. Perjalanan di sebuah gedung museum bersejarah akan memberikan manfaat yang positif. Indonesia memiliki banyak museum sejarah yang memberikan pengetahuan akan sejarah. Museum tersebut bahkan telah lama berdiri dan masih dapat kita manfaatkan hingga kini. Kita tentunya akan mendapatkan pendidikan dan banyak informasi melalui benda-benda yang dipamerkan oleh museum bersejarah ini.

Gedung Museum Bersejarah Tertua di Indonesia

Gedung Museum Bersejarah di Indonesia yang Mendidik

Museum bersejarah yang telah berusia adalah Museum Bahari. Sebelum menjadi museum, bangunan merupakan gudang penyimpanan rempah-rempah yang berdiri pada tahun 1652. Setelah melakukan renovasi pada tahun 1977, bangunan ini kemudian beralih menjadi sebuah museum bersejarah. Di tempat ini, ada banyak koleksi benda-benda bersejarah. Sesuai dengan namanya, benda yang dikoleksi oleh museum ini berhubungan dengan sejarah laut Indonesia yang berasal dari Sabang hingga ke Merauke. Koleksi museum sempat hangus akibat kebakaran yang terjadi pada tahun 2018. Selain Museum Bahari, dibawah ini merupakan museum bersejarah tertua lainnya yang ada di Indonesia:

  • Museum Fatahillah

Museum yang dikenal pula dengan nama Museum Sejarah Jakarta ini menjadi tempat bersejarah yang telah lama berdiri. Museum ini telah diresmikan oleh pemerintah sejak tahun 1974. Awalnya, museum ini adalah balai kota yang kemudian berubah menjadi museum. Bangunan yang kokoh ini dibangun pada tahun 1707. Di dalam gedung museum ini, kita dapat menemukan benda peninggalan yang berasal dari kerajaan Pajajaran dan Tarumanegara.

  • Museum Wayang

Benda bersejarah berusia ratusan tahun dapat kita lihat di dalam Museum Wayang. Museum yang berada di Jakarta ini berdiri pada tahun 1640. Meskipun telah berdiri lama, museum baru diresmikan pada tahun 1975. Kala itu yang meresmikan museum adalah Ali Sadikin yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta.

Koleksi boneka dan wayang dapat kita temukan di Museum Wayang. Tidak hanya berasal dari Indonesia, koleksi museum ini juga berasal dari India, Malaysia, Vietnam dan Perancis. Museum juga memamerkan perobotan yang pernah digunakan pada masa lalu. Koleksi pada museum ini dipisahkan oleh beberapa ruangan.

  • Museum Benteng Vredeburg

Museum ini merupakan bangunan museum bersejarah tertua lainnya yang ada di Indonesia. Awalnya bangunan ini didirikan sebagai benteng penjaga keamanan keraton. Belanda memiliki tujuan tersendiri dibalik pendirian benteng ini. Belanda ingin mengetahui semua pergerakan keraton melalui benteng ini. Tahun 1980 menjadi tahun dimana benteng beralih fungsi sebagai museum. Bangunan ini menjadi pusat pengembangan budaya dan pusat informasi nusantara.

Museum untuk Mengenal Sejarah Kota Jakarta

Gedung Museum Bersejarah

Jakarta yang merupakan ibukota negara menjadi kota yang menarik untuk disimak. Banyak sejarah yang berkaitan dengan kota Jakarta dan membuat masyarakat berkeinginan untuk mempelajari kota Jakarta melalui museum. Jika kita ingin belajar sejarah kota Jakarta, Museum Fatahillah menjadi museum yang tepat untuk kita kunjungi. Museum yang tergolong sebagai museum tertua di Indonesia ini memiliki koleksi yang berkaitan dengan jaman prasejarah, perlawanan bangsa terhadap gerakan VOC dan kedatangan bangsa Eropa di tanah air.

Sejarah kota Jakarta juga dapat ditemukan di Museum Sumpah Pemuda. Jakarta menjadi tempat dimana pemuda bangsa menyatakan komitmennya untuk membangun bangsa. Jejak para pemuda ini dapat ditemukan di Museum Sumpah Pemuda. Sebelum menjadi museum, bangunan museum bersejarah ini mulanya merupakan hunian yang dimiliki oleh Sie Kong Liang. Gedung yang terletak di Jakarta ini juga pernah dijadikan lokasi untuk kongres Sekar Roekoen, PPPI dan Pemuda Indonesia. Koleksi yang dimiliki oleh museum memiliki kaitan dengan peristiwa Sumpah Pemuda, mulai dari stempel, patung, lukisan dan bendera organisasi.

Museum MH Thamrin menjadi tempat dimana kita dapat mempelajari kota Jakarta dengan baik. Tidak hanya mendidik, kita juga dapat memperoleh hiburan melalui tempat ini. Bangunan museum pada awalnya merupakan bangunan yang dimiliki oleh Belanda yang ada sejak abad keduapuluh. Selanjutnya, bangunan dibeli oleh MH Thamrin dan dijadikan sebagai markas PPPI. Seiring dengan berkembangnya waktu, bangunan ini berubah menjadi museum. Di dalam museum, kita dapat menemukan foto suasana kota Jakarta, benda peninggalan yang dimiliki oleh MH Thamrin dan foto pergerakan nasional.

Sejarah kota Jakarta juga dapat dilihat melalui Museum Taman Prasasti. Museum peninggalan bangsa Belanda ini memiliki koleksi kereta jenazah yang antik, miniatur makam propinsi di Indonesia dan nisan kuno. Sebelum menjadi museum, bangunan ini merupakan makam yang digunakan oleh pejabat tinggi dan bangsawan Belanda. Tak mengherankan jika kita dapat menemukan peninggalan berupa makam dan kereta jenazah di museum ini. Museum kemudian diresmikan pada tahun 1977 oleh Ali Sadikin, Gubernur DKI Jakarta pada masa itu.